Thursday, May 22, 2014

Parallel Processing pada Komputasi Modern


Parallel Processing adalah kemampuan untuk melakukan beberapa operasi atau tugas secara bersamaan. Parallel Computing adalah penggunaan lebih dari satu CPU atau core prosesor untuk menjalankan sebuah program atau komputasi thread ganda. Idealnya, pemrosesan paralel membuat program bekerja lebih cepat karena terdapat banyak engine (CPU atau Core) mengerjakannya. Dalam prakteknya, hal ini sering sulit untuk membagi sebuah program yang sedemikian rupa dengan memisahkan CPU atau core agar dapat mengeksekusi bagian-bagian yang berbeda tanpa mengganggu satu sama lain.Kebanyakan komputer hanya memiliki satu CPU, namun beberapa model memiliki beberapa, dan chip prosesor multi-core menjadi norma. Bahkan ada komputer dengan ribuan CPU.

M. J. Flynn membedakan komputer paralel ke dalam empat kelas berdasarkan konsep aliran data (data stream) dan aliran instruksi (instruction stream), sebagai: SISD, SIMD, MISD, MIMD. Pengklasifikasian ini dikenal sebagai Taksonomi Flynn.

SISD (Single Instruction stream, Single Data stream)
Komputer tunggal yang mempunyai satu unit kontrol, satu unit prosesor dan satu unit memori.


SIMD (Single Instruction stream, Multiple Data stream)
Komputer yang mempunyai beberapa unit prosesor di bawah satu supervisi satu unit kontrol umum. Setiap prosesor menerima instruksi yang sama dari unit kontrol, tetapi beroprasi pada data yang berbeda.

MISD (Multiple Instruction stream, Single Data stream)
Sampai saat ini struktur ini masih merupakan struktur teoritis dan belum ada komputer dengan model ini.

MIMD (Multiple Instruction stream, Multiple Data stream)
Organisasi komputer yang memiliki kemampuan untuk memproses beberapa program dalam waktu yang sama. Pada umumnya multi-prosesor dan multi-komputer termasuk dalam kategori ini.

Pemrosesan paralel sangat dibutuhkan pada komputasi modern untuk memudahkan dalam mengerjakan banyak tugas atau operasi sekaligus dan dapat meminimalisir waktu yang terbuang karena proses yang lama.

Referensi:
http://en.wikipedia.org/wiki/Parallel_processing
http://computer.howstuffworks.com/parallel-processing1.htm

1 comment:

  1. If you're looking to lose weight then you absolutely need to start using this totally brand new personalized keto meal plan.

    To create this service, certified nutritionists, fitness trainers, and chefs united to develop keto meal plans that are productive, convenient, price-efficient, and enjoyable.

    Since their grand opening in 2019, 100's of clients have already remodeled their figure and health with the benefits a professional keto meal plan can give.

    Speaking of benefits: clicking this link, you'll discover 8 scientifically-confirmed ones given by the keto meal plan.

    ReplyDelete

Silakan berikan komentar atau pertanyaan anda tentang artikel ini.