Saturday, December 29, 2012

Ide Sangatlah Penting Dalam Desain Pemodelan Grafik

Pada pembahasan pertama saya membahas tentang "Apa itu Desain Pemodelan Grafik?". Sekarang saya akan membahas Ide dalam pembuatan Desain Pemodelan Grafik, saya berniat untuk membuat Model Animasi 3D yaitu sebuah roket. Disini saya harus memillih software apa yang cocok untuk membuat “Pulau” tersebut. Untuk itu, program yang kita gunakan tidak hanya bisa membuat Obyek & Animasi 3D tetapi juga memungkinkan dengan hardware komputer atau laptop yang kita gunakan, supaya tidak “hang”, “not responding” maupun “patah-patah” saat menjalankan program tersebut. Saya memilih software “Blender” untuk membuat Obyek & Animasi 3D karena ukuran file instalasinya yang kecil tidak membutuhkan banyak ruang pada hard disk.

Apa kelebihan “Blender” itu?

Sebelumnya saya jelaskan terlebih dahulu, apa itu “Blender”?

Blender adalah software yang digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, aplikasi interaksi 3D atau video games. Blender dapat diunduh secara gratis dan populer di kalangan desainer. Blender memiliki fitur-fitur yang mencakup 3D modeling, UV unwrapping, texturing, rigging and skinning, fluid and smoke simulation, particle simulation, animating, match moving, camera tracking, rendering, video editing and compositing. Dan juga terpasang fitur sebagai game engine.

Disini saya mempunyai ide untuk membuat desain sebuah roket yang sederhana, yang mana nanti roket tersebut meluncur di udara. Karena saya masih dalam tahap belajar, jadi saya membuat sebuah roket berdasarkan video tutorial yang saya lihat di website Blender Cookie. Hasil jadinya akan seperti ini:

Roket yang  saya buat dengan Blender.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berikan komentar atau pertanyaan anda tentang artikel ini.