Thursday, April 24, 2014

Gunakan Bootable Antivirus "LiveCD" Untuk Menangani Malware Yang Nakal!

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui atau menggunakan Bootable Antivirus "LiveCD" yaitu Antivirus yang dapat dijalankan langsung atau booting melalui CD tanpa harus menginstalnya. Ini digunakan untuk menghapus malware, memperbaiki, dan bahkan memulihkan sistem yang terinfeksi oleh malware. Biasanya sih ini digunakan untuk malware yang nakal walau sudah dihapus tapi muncul lagi atau sudah memindai menggunakan Antivirus melalui Safe Mode pun malware tersebut masih tetap ada. Bisa saya ambil contoh seperti komentar-komentar para pengguna Windows yang mengalami "Tampilan Windows Menjadi Hitam (Blank) Hanya Ada Cursor Saja? Ini Solusinya". Tampilan Windows masih saja hitam walau sudah mengikuti instruksi yang saya berikan. Ya, itu karena Windows kita terinfeksi oleh malware sedangkan artikel itu saya buat untuk pengguna Windows yang tidak terinfeksi oleh malware.

Sebenarnya jika Safe Mode masih bisa digunakan (bisa masuk desktop Safe Mode walaupun Task Manager dan Registry tidak bisa dibuka), malware bisa dihapus total jika penanganannya benar atau sesuai prosedur. Karena banyak orang yang tidak mau ambil pusing, ya lebih baik gunakan Bootable Antivirus yang ada dibawah ini karena aman dan mudah untuk digunakan. Daftar LiveCD dibawah ini sudah saya pilih dari beberapa Bootable Antivirus yang ada, tapi yang ini bersifat gratis (free) dan masih terus diperbarui database malware-nya agar tetap up-to-date. Silakan dicoba!!! :)

  • Kaspersky Rescue Disk dirancang untuk memindai, mendisinfeksi dan mengembalikan sistem operasi yang terinfeksi. Biasanya digunakan ketika sistem operasi tidak memungkinkan untuk melakukan booting. Untuk menggunakan Kaspersky Rescue Disk melalui perangkat USB, gunakan utilitas "Rescue to USB".
  • Dr.Web LiveCD akan membersihkan komputer Anda dari file yang terinfeksi dan mencurigakan, membantu Anda menyalin informasi penting ke perangkat penyimpanan data lain atau komputer lain, dan berusaha untuk menyembuhkan file yang terinfeksi. Digunakan jika sistem Windows atau Linux Anda tidak bisa booting karena malware.
  • Avira Rescue System dapat membantu Anda untuk memulihkan dan memperbaiki sistem Anda setelah kerusakan serius atau infeksi. Avira Rescue System menawarkan beberapa fitur untuk mengembalikan sistem Anda, misalnya virus dan malware removal dan juga modifikasi registry. Selain itu, dapat digunakan untuk menyalin data Anda ke hard disk atau USB drive.
  • AVG Rescue CD digunakan untuk memulihkan sistem yang terinfeksi. AVG Rescue CD dapat memperbaiki kerusakan sistem dan mengembalikan sistem seperti semula.
  • F-Secure Rescue CD digunakan jika komputer Anda tidak bisa melakukan booting yang diakibatkan oleh malware yang merusak sistem operasi atau karena software keamanan yang mengganggu, Anda dapat menggunakan F-Secure Rescue CD untuk booting komputer dengan aman dan memeriksa program yang telah diinstal dan juga digunakan untuk memperbaiki dan memulihkan data yang terinfeksi. F-Secure Rescue CD menggunakan Knoppix (merupakan turunan dari Linux), sebuah sistem operasi yang dapat dijalankan langsung menggunakan CD dan memungkinkan untuk mengakses sistem operasi Windows dan hard disk pada komputer Anda.
  • Comodo Rescue Disk akan booting komputer Anda, memindai seluruh sistem Anda dari virus sebelum Windows mulai. Termasuk mesin pemindaian penuh AV yang mampu menghapus rootkit yang tertanam begitu dalam dan tidak dapat dihapus dengan CCE untuk Windows.
  • G Data Boot-Medium adalah bantuan praktis untuk mendeteksi virus yang sudah tertanam sendiri pada komputer Anda sebelum menginstal perangkat lunak antivirus. Dalam versi ini G Data Boot-Medium juga mampu mengembalikan semua backup yang dibuat dengan solusi G DATA (yang hanya tersedia dalam produk TotalProtection).
  • eScan Rescue Disk memberikan Anda cara membersihkan sistem berbasis Windows dari malware yang tidak hanya membantu Anda untuk memindai dan membersihkan sistem, tetapi juga untuk memperbaiki perubahan registry Windows dilakukan oleh virus.
  • Windows Defender Offline dapat membantu menghapus program berbahaya yang sulit untuk ditemukan dan program tidak dikenal yang tidak diinginkan dengan menggunakan definisi yang dapat mengenali ancaman.
  • Trend Micro Rescue Disk memungkinkan Anda untuk menggunakan CD, DVD, atau USB drive untuk memeriksa komputer Anda tanpa menjalankan Microsoft Windows. Trend Micro Rescue Disk menemukan dan menghapus ancaman keamanan yang persisten atau sulit untuk dibersihkan yang dapat mengintai jauh di dalam sistem operasi Anda.
  • BitDefender Rescue CD adalah sebuah alat yang akan mencoba untuk mengembalikan Windows jika Anda tidak dapat booting lagi. Setelah Anda memiliki Rescue CD, boot PC yang terinfeksi menggunakan itu, dan ikuti petunjuknya. BitDefender Rescue CD akan memindai sistem Anda dan menyelesaikan masalah yang ditemukan.
  • VBA32 Rescue akan berupaya untuk memulihkan file yang terinfeksi oleh malware, jika tidak dapat dipulihkan otomatis file yang dianggap berbahaya akan dihapus. Untuk menggunakan VBA32 Rescue melalui perangkat USB, gunakan utilitas "VBA32 Rescue to USB".

0 comments:

Post a Comment

Silakan berikan komentar atau pertanyaan anda tentang artikel ini.