Tuesday, July 17, 2012

Cara Menghemat Baterai Pada Ponsel Android

Berikut adalah 7 cara menghemat baterai pada ponsel Android, beberapa cara juga bisa digunakan untuk menghemat baterai pada ponsel berbasis Symbian dan Java.

1. Matikan Koneksi Data Jika Tak Digunakan
Untuk mematikan koneksi data silakan masuk ke Settings > Wireless & Network > Mobile Network Connection lalu hilangkan tanda centang pada "Data Enabled".

2. Ubah Koneksi 3G Ke Koneksi 2G
Untuk mengubah koneksi 3G menjadi 2G, Anda cukup masuk ke Settings > Wireless & Network > Mobile Network Connection lalu beri tanda centang pada "Use Only 2G Network".

3. Hindari Mengisi Ulang Baterai Saat Posisi Daya Diatas 50%
Mengisi ulang baterai saat posisi daya baterai diatas 50% dapat mengurangi daya tahan baterai.

4. Nonaktifkan Sinkronisasi
Untuk menonaktifkan Google Sync, masuk ke Settings > Account & Sync dan hilangkan tanda centang pada "Background Data".

Perlu anda perhatikan bahwa dengan menonaktifkan sinkronisasi maka aplikasi seperti WhatsApp, Gmail, dan Facebook tidak akan terupdate secara realtime.

5. Gunakan Wallpaper Berwarna Hitam Polos
Dengan menggunakan wallpaper berwana hitam polos, layar Anda tidak perlu menghabiskan daya yang tidak perlu untuk menampilkan aneka warna yang berdampak pada peningkatan konsumsi daya.

6. Atur Screen Time Out Hingga Batas Paling Minimal
Dengan mengatur batas minimal layar mati ketka tidak digunakan, berarti Anda telah menghemat konsumsi daya yang diperlukan oleh layar ponsel untuk memancarkan cahaya.

7. Pastikan Untuk Keluar Dari Aplikasi Dengan Menekan Tombol Back
Dengan menekan tombol back berarti Anda telah mematikan aplikasi bersangkutan. Jika Anda menekan tombol Home, aplikasi tetap akan berjalan di background.

0 comments:

Post a Comment

Silakan berikan komentar atau pertanyaan anda tentang artikel ini.