Saturday, April 12, 2014

Penjelasan Tentang Komputasi Modern

Komputasi Modern pertama kali digagasi oleh John Von Neumann. Beliau dilahirkan di Budapest, ibukota Hungaria pada 28 Desember 1903 dengan nama Neumann Janos. Karya-karya yang dihasilkan adalah karya dalam bidang matematika, teori kuantum, teori game, fisika nuklir, dan ilmu komputer.

Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar pada abad 21. Von Neumann meningkatkan karya-karyanya dalam bidang matematika, teori kuantum, teori game, fisika nuklir, dan ilmu komputer. Beliau juga merupakan salah seorang ilmuwan yang sangat berpengaruh dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu.

Von Neumann juga belajar di Berlin dan Zurich dan mendapatkan diploma pada bidang teknik kimia pada tahun 1926. Pada tahun yang sama dia mendapatkan gelar doktor pada bidang matematika dari Universitas Budapest. Keahlian Von Neumann terletak pada bidang teori game yang melahirkan konsep seluler automata, teknologi bom atom, dan komputasi modern yang kemudian melahirkan komputer. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.

John Von Neumann, Penggagas Komputasi Modern
Beliau pernah mengajar di Berlin dan Hamburg, Von Neumann pindah ke Amerika pada tahun 1930 dan bekerja di Universitas Princeton pada saat yang bersamaan Von Neumann menjadi salah satu pendiri Institute for Advanced Studies.

Von Neumann sangat tertarik pada hidrodinamika dan kesulitan penyelesaian persamaan diferensial parsial nonlinier yang digunakan, Von Neumann kemudian beralih dalam bidang komputasi. Von Neumann menjadi seorang konsultan pada pengembangan komputer ENIAC, dia merancang konsep arsitektur komputer yang masih dipakai sampai sekarang. Arsitektur Von Nuemann adalah seperangkat komputer dengan program yang tersimpan (program dan data disimpan pada memori) dengan pengendali pusat, I/O, dan memori.

Sejarah Perkembangan Komputasi Modern
  • Konrad Zuse's electromechanical “Z mesin”. Z3 (1941) adalah sebuah mesin pertama yang menampilkan biner aritmatika, termasuk aritmatika floating point dan ukuran programmability. Pada tahun 1998, Z3 operasional pertama di dunia komputer itu di anggap sebagai Turing lengkap.
  • Berikutnya Non-programmable Atanasoff-Berry Computer yang di temukan pada tahun 1941 alat ini menggunakan tabung hampa berdasarkan perhitungan, angka biner, dan regeneratif memori kapasitor.Penggunaan memori regeneratif diperbolehkan untuk menjadi jauh lebih seragam (berukuran meja besar atau meja kerja).
  • Selanjutnya komputer Colossus ditemukan pada tahun 1943, berkemampuan untuk membatasi kemampuan program pada alat ini menunjukkan bahwa perangkat menggunakan ribuan tabung dapat digunakan lebih baik dan elektronik reprogrammable.Komputer ini digunakan untuk memecahkan kode perang Jerman.
  • The Harvard Mark I ditemukan pada 1944, mempunyai skala besar, merupakan komputer elektromekanis dengan programmability terbatas.
  • Lalu lahirlah US Army's Ballistic Research Laboratory ENIAC ditemukan pada tahun 1946, komputer ini digunakan unutk menghitung desimal aritmatika dan biasanya disebut sebagai tujuan umum pertama komputer elektronik (ENIAC merupaka generasi yang sudah sangat berkembang di zamannya sejak komputer pertama Konrad Zuse's Z3 yang ditemukan padatahun 1941).

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut:

Mobile Computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smartphone, dan lain sebagainya.


Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya di bawah ini:
  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.
Lanjutan dari tulisan saya sebelumnya tentang Komputasi Modern Pada Website Telkomsel Mobi

Referensi:
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/06/pengertian-komputasi-modern-2/

Saturday, March 22, 2014

Komputasi Modern Pada Website Telkomsel Mobi

Sebelum masuk ke pembahasan, ada baiknya untuk mengetahui pengertian dari Komputasi Modern itu sendiri.

Pengertian Komputasi Modern

Komputasi modern adalah sebuah konsep sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memori, memori disini bisa juga dari memori komputer. Oleh karena pada saat ini kita melakukan komputasi menggunakan komputer maka bisa dibilang komputer merupakan sebuah komputasi modern. Konsep ini pertama kali digagasi oleh John Von Neumann (1903-1957). Beliau adalah ilmuan yang meletakkan dasar-dasar komputer modern. Von Neumann telah menjadi ilmuwan besar abad 21. Von Neumann memberikan berbagai sumbangsih dalam bidang matematika, teori kuantum, teori game, fisika nuklir, dan ilmu komputer yang di salurkan melalui karya-karyanya . Beliau juga merupakan salah satu ilmuwan yang terkait dalam pembuatan bom atom di Los Alamos pada Perang Dunia II lalu. Kegeniusannya dalam matematika telah terlihat semenjak kecil dengan mampu melakukan pembagian bilangan delapan digit (angka) di dalam kepalanya.
Dalam kerjanya komputasi modern menghitung dan mencari solusi dari masalah yang ada, dan perhitungan yang dilakukan itu meliputi:

  • Akurasi (Big, Floating point)
  • Kecepatan (dalam satuan Hz)
  • Problem Volume Besar (Down Sizzing atau pararel)
  • Modeling (NN & GA)
  • Kompleksitas (Menggunakan Teori Big O)

Komputasi modern terbagi tiga macam, yaitu komputasi mobile (bergerak), komputasi grid, dan komputasi cloud (awan). Penjelasan lebih lanjut dari jenis-jenis komputasi modern sebagai berikut:

Mobile Computing
Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smartphone, dan lain sebagainya.


Grid Computing
Komputasi grid menggunakan komputer yang terpisah oleh geografis, didistibusikan dan terhubung oleh jaringan untuk menyelasaikan masalah komputasi skala besar. Ada beberapa daftar yang dapat digunakan untuk mengenali sistem komputasi grid, adalah:
  • Sistem untuk koordinat sumber daya komputasi tidak dibawah kendali pusat.
  • Sistem menggunakan standard dan protocol yang terbuka.
  • Sistem mencoba mencapai kualitas pelayanan yang canggih, yang lebih baik diatas kualitas komponen individu pelayanan komputasi grid.

Cloud Computing
Komputasi cloud merupakan gaya komputasi yang terukur dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet. Komputasi cloud menggambarkan pelengkap baru, konsumsi dan layanan IT berbasis model dalam internet, dan biasanya melibatkan ketentuan dari keterukuran dinamis dan sumber daya virtual yang sering menyediakan layanan melalui internet.
Adapun perbedaan antara komputasi mobile, komputasi grid dan komputasi cloud, dapat dilihat penjelasannya di bawah ini:
  • Komputasi mobile menggunakan teknologi komputer yang bekerja seperti handphone, sedangkan komputasi grid dan cloud menggunakan komputer.
  • Biaya untuk tenaga komputasi mobile lebih mahal dibandingkan dengan komputasi grid dan cloud.
  • Komputasi mobile tidak membutuhkan tempat dan mudah dibawa kemana-mana, sedangkan grid dan cloud membutuhkan tempat yang khusus.
  • Untuk komputasi mobile proses tergantung si pengguna, komputasi grid proses tergantung pengguna mendapatkan server atau tidak, dan komputasi cloud prosesnya membutuhkan jaringan internet sebagai penghubungnya.

Contoh perusahaan yang menerapkan komputasi modern ialah Telkomsel pada website Telkomsel Mobi.

Situs Telkomsel Mobi (http://mobi.telkomsel.com) menyediakan layanan bagi para penggunanya untuk memudahkan pengguna seperti dalam pengecekan kuota, aktivasi layanan, pembelian paket internet, transaksi, dan sebagainya.


Pada halaman untuk login, pengguna harus memasukkan nomor token yang dapat diakses dari smartphone di *323# yang nantinya akan mendapatkan SMS Nomor Token untuk login.


Seletah melakukan login, maka tampilan akan menjadi seperti diatas. Pada bagian pojok kanan atas akan terlihat kartu atau SIM Card yang kita gunakan.


Pada bagian profil, pengguna dapat menggunakan menu mengecek sisa pulsa, paket internet yang digunakan, Blackberry Service, dan List ADN.


Gambar di atas memperlihatkan sisa pulsa pengguna jika menu Cek Pulsa dipilih.


Kembali lagi ke menu utama dan masuk ke menu Aktivasi Layanan. Disini pengguna dapat mengaktifkan atau membeli paket internet atau layanan lainnya.


Contohya pada menu Paket Internet simPATI maka akan tertera daftar paket yang tersedia, pengguna dapat membelinya menggunakan pulsa yang ada (harus mencukupi).


Jika sudah yakin ingin membeli tersebut, pengguna cukup memasukkan kode verifikasi seperti gambar di atas dan nantinya akan ada pemberitahuan berhasil.

Dengan begitu pengguna Telkomsel tidak perlu lagi repot untuk mengaktifkan paket internet atau layanan lainnya karena Telkomsel Mobi memiliki tampilan yang mudah untuk dipahami.

Referensi:
http://mobi.telkomsel.com
http://rzbeuty.blogspot.com/2012/03/komputasi-modern-parallel-processing.html
http://lunaticredmoon.blogspot.com/2014/03/komputasi-modern.html

Friday, October 11, 2013

Profil Perusahaan Biznet Networks

Biznet Networks didirikan pada tahun 2000 sebagai Internet Service Provider untuk menyediakan solusi internet untuk pelanggan bisnis. Pada tahun 2000, Biznet sudah menggunakan Wireless dan In-Building Ethernet Technology, dengan dukungan dari komitmen dan tim teknik terbaik, Biznet Networks mulai membangun cara untuk menjadi salah satu perusahaan terkemuka Networks Service Provider di Indonesia.
Dengan permintaan yang muncul dari infrastruktur jaringan yang sangat handal, Biznet Networks menyadari banyak perusahaan bergantung pada infrastruktur yang baik untuk mengelola bisnis mereka. Setelah beberapa penelitian dan pengembangan, Biznet Networks Engineering Labs Team menganggap Fiber Optic sebagai jaringan terbaik dan segera mulai menyebarkan jaringan Fiber Optic di sekitar Jakarta.

Biznet Networks, salah satu perusahaan Telekomunikasi dan Multimedia terkemuka di Indonesia, telah membuka kesempatan untuk bergabung dan memimpin perusahaan di masa depan. Biznet Networks memiliki 1 Direksi dan 8 Wakil Direksi yang mengontrol tiap-tiap divisinya. Kami mencari orang-orang kreatif dan bermotivasi untuk membagi dan mengembangkan semangat mereka dalam teknologi dan komunikasi yang akan meningkatkan taraf hidup masyarakat Indonesia di masa depan. Bidang ahli yang dibutuhkan:

Senior Management
  • VP Marketing
Engineering Division
  • Data Center Facility Manager
  • Facility Engineer
  • Hosting Engineer
  • Network Engineer
  • Project Engineer
  • System Engineer
  • Web Application Developer
Sales & Marketing Division
  • Branch Manager
  • Creative Director
  • Marketing Manager
  • Account Executive
  • Direct Sales
  • Marketing Executive
Game Division
  • Artist & Animator
Multimedia Division
  • Assistant Producer
  • Camera Operator
  • Director
  • Master Control Operator
  • Rigging Artist
  • Scriptwriter
  • Sound Engineer
  • TV Host
  • Video Editor
Operation Division
  • Customer Care Specialist
  • max3 Care
  • Premiere Care
  • Property Relation Executive
  • Retail Store Specialist
  • Technical Support

Fasilitas utama yang digunakan oleh Biznet Networks yaitu:
  • Network Operation Center 
Biznet menggunakan kinerja tinggi dan banyak sekali router, switch, firewall, peralatan transmisi dari Cisco Systems, Nortel Networks dan Nokia Siemens Network.

  • Biznet Data Center
Biznet Data Center menyediakan 42U Rack Space dan Cage Space untuk menempatkan semua peralatan mereka di lingkungan yang aman.

Referensi:
http://www.biznetnetworks.com/En/?menu=companyprofile
http://www.biznetnetworks.com/En/?menu=career
http://www.biznetnetworks.com/En/?menu=facilities

Tuesday, September 3, 2013

Cara Hapus "Search History" di Facebook


Terkadang untuk menemukan hal-hal tertentu, pengguna perlu melakukan pencarian. Hal ini juga berlaku di Facebook. Sangat banyak pengguna yang mengandalkan fitur pencarian untuk menemukan teman, tempat, foto dan banyak lainnya.

Setelah sekian lama berada di Facebook, jumlah pencarian tentu saja bertambah. Kadang tak disadari pengguna, bahwa history pencarian sudah menumpuk dan perlu dibersihkan. Namun bagaimana cara menghapus history pencarian tersebut?

Tips berikut ini dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut.

  1. Masuk dengan akun Anda, lalu klik Activity Log yang berada di sisi kanan foto profil Anda.
  2. Setelah mengklik Activity Log tersebut akan muncul kegiatan apa saja yang anda lakukan di Facebook termasuk Search History.
  3. Lihat sisi kiri halaman Activity Log yang anda buka tersebut. Di sana, di bawah Photos, Likes dan Comments ada More. Klik More tersebut.
  4. Setelah klik More akan muncul beberapa pilihan, gulir terus ke bawah sampai anda menemukan Search.
  5. Setelah klik Search akan muncul pemcarian apa saja yang anda lakukan di Facebook lengkap sesuai dengan urutan tanggal kapan pemcarian dilakukan.
  6. Untuk menghapus Search History klik Clear Searches sehingga nanti akan muncul kotak percakapan yang ingin memastikan apakah anda ingin menghapus Search History.
  7. Klik OK untuk menghapus Search History sehingga semua pencarian yang pernah anda lakukan terhapus.
Selamat mencoba!

Sumber: Facebook via Mashable

Thursday, August 1, 2013

Cara Mudah Mengajarkan Anak Menggambar (Bagian 2)

Sebelumnya saya pernah menulis artikel Cara Mudah Mengajarkan Anak Menggambar dan ini bagian keduanya.

Kalau yang ini dari HMA (Hello Motion Academy). Mereka juga memberikan cara mudah dalam menggambar, bahkan dari huruf pun kita bisa berkreasi. Bisa dibilang kreatif tanpa batas. Silakan cek langsung ke Halaman Facebook "Kreatips" dari HMA. >>> https://www.facebook.com/Kreatips/photos_stream

Friday, July 5, 2013

Membangun Semangat Belajar Anak

Anak Anda berhak meraih kesuksesan. Kesuksesan anak Anda berawal dari semangat Anda mengantar mereka menuju kesuksesan itu.

Banyak orangtua mengeluh karena anaknya kurang semangat belajar. Anak cenderung suka bermain ataupun kegiatan yang lain, seperti olahraga, les tari, vokal, dan lain sebagainya. Anak kurang tertarik dan tidak bersemangat saat diajak bicara seputar kegiatan belajarnya di sekolah. Sampai akhirnya orangtua mendapatkan prestasi belajar anak yang mengecewakan. Apa yang akan dilakukan Anda sebagai orangtua? Lalu apa yang akan Anda lakukan terhadap anak Anda tersebut ? Dapatkah Anda hanya menyalahkan anak? Memarahi? Menghukum? Atau memojokkan dengan cara membanding-bandingkan anak dengan teman atau saudara yang lain? Dapatkah itu menjadi pemecah masalah sehingga anak Anda menjadi lebih baik?

Jawabannya adalah ‘tidak'. Cara-cara tersebut telah terbukti tidak dapat membantu anak menjadi lebih baik. Namun justru akan merusak dan menghancurkan semangat dan rasa percaya diri anak saat ini dan saat mendatang.

Oleh karena itu mari kita simak 15 tips di bawah ini:

  1. Biasakan diri Anda mengucapkan kalimat-kalimat motimatif pada anak. Seperti: Kamu anak pintar. Cobalah terus, kamu pasti berhasil. Ayo, kamu pasti bisa, dan sebagaimya. Kalimat-kalimat tersebut akan berdampak positif langsung pada anak.
  2. Ajaklah anak untuk terbiasa berdoa sebelum memulai pekerjaan. Tumbuhkan rasa butuh akan berdoa pada anak. Dengan begitu anak akan mulai belajar merasakan kebersamaan Allah dimanapun ia berada.
  3. Cobalah memberi tes pelajaran yang Anda yakin anak akan mampu menyelesaikan dengan mudah, tanpa kesulitan sama sekali. Misalnya mengerjakan soal berhitung sederhana. Setelah anak berhasil, Anda akan melihat betapa bangga dan gembiranya ia. Biarkan anak mengekspresikan kegembiraannya.
  4. Berilah reaksi positif berupa pujian saat ia berhasil menyelesaikan pekerjaan yang Anda berikan. Usahakan untuk tidak mencela ataupun mengritik kesalahan yang dilakukan anak. Karena itu hanya akan menyebabkan anak berputus asa dan merasa gagal.
  5. Tumbuhkan pemahaman bahwa Allah sayang orang-orang yang mau berusaha untuk memperbaiki diri. Dengan itu anak akan merasa bahwa Allah suka dengan orang yang mau berusaha dan tidak berputus asa.
  6. Rangsang minat belajar anak dengan memberi pemahaman bahwa belajar akan menghasilkan sebuah keberhasilan yang sangat berharga bagi dirinya saat ini dan saat mendatang.
  7. Biarkan anak untuk mengerjakan pelajaran yang lebih disukai dan yang dapat dikerjakan dengan mudah.
  8. Sebaiknya Anda tidak mengharapkan hasil yang besar dalam waktu yang singkat. Anak Anda membutuhkan waktu untuk membangun semangat dan rasa percaya dirinya. Anak akan merasa kesal bila Anda mendesak dan memaksanya untuk berbuat lebih baik.
  9. Berilah hadiah sederhana bila anak menunjukkan keberhasilannya. Upayakan agar hadiah yang Anda berikan pada anak bervariasi. Sehingga dengan begitu anak tidak merasa bosan.
  10. Jangan lupa untuk memberi anak waktu istirahat yang pantas dari waktu belajarnya di rumah. Mungkin dapat Anda lengkapi istirahat anak dengan es krim ataupun sepotong roti. Suasana istirahat yang menyenangkan akan menjadi hal yang istimewa bagi anak.
  11. Bagi Anda yang memiliki anak balita, buatlah alat peraga yang kreatif untuk menunjang kegiatan belajar anak di rumah. Misalnya saat mengajak anak belajar membaca dan berhitung. Anda dapat mengajak anak membuat alat peraga membaca bersama dari kertas yang sudah tidak terpakai.
  12. Untuk merangsang kemampuan daya pikir anak, berilah pengalaman menarik kepada anak. Misalnya dengan mengajak anak ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi anak. Pengalaman baru tersebut akan memperkaya dan memperluas wawasan dan ilmu pengetahuan anak.
  13. Mintalah anak menulis apa yang dilihatnya. Kemudian rangsanglah anak untuk menceritakan pengalamannya. Respon positif Anda sangat berarti bagi anak. Anak akan merasa dirinya dihargai hingga tumbuh semangat, rasa bangga dan gembira.
  14. Hindari membantu anak mengerjakan tugasnya. Hal yang itu justru akan mendorong lahirnya ketergantungan anak pada Anda. Biarkan anak belajar dari pengalaman dengan menyelesaikan pekerjaannya sendiri.
  15. Beri motivasi anak untuk mencari dan menemukan jalan keluar saat ia menghadapi masalah.

Selamat mencoba!

Wednesday, July 3, 2013

Instalasi Ogre Pada Windows 7

Program yang dibutuhkan:

Langkah 1:


Install MinGW C++ Toolbox. Setelah itu lakukan pengaturan pada Environment Variables:


Klik Start > Klik kanan pada Computer > Properties > Pilih Advanced System Setting pada panel kiri > Environment Variables >
  • Klik New pada User variables, lalu isikan
Variable name: PATH
Variable value: C:\mingw\bin;
  • Atau, klik Edit pada System variables, lalu tambahkan
Variable value: C:\mingw\bin;

Langkah 2:

Untuk mengecek PATH yang sudah dikonfigurasi pada langkah 1, bukalah Command Prompt (CMD) lalu ketik gcc –v, jika PATH sudah terkonfigurasi dengan benar maka hasilnya seperti di bawah ini:


Langkah 3:


Install MSYS, agar dapat menjalankan perintah-perintah LINUX kedalam Command Prompt (CMD) Windows. Jalankan setup file MSYS-1.0.10.exe dan lakukan konfigurasi PATH untuk instalasi MSYS. Tambahkan C:\msys\1.0\bin; di Environment Variables pada PATH yang sudah ada dengan cara klik Edit seperti berikut:


Langkah 4:

Untuk mengecek MSYS yang sudah dikonfigurasi pada langkah 3, bukalah Command Prompt (CMD) lalu ketik uname –a, jika MSYS sudah terkonfigurasi dengan benar maka hasilnya seperti di bawah ini:


Langkah 5:


Install OgreSDK, pada tutorial ini OGRE yang dipakai adalah OgreSDK versi 1.6.1. Jalankan setup file OgreSDKSetup1.6.1_CBMingW.exe dan lakukan konfigurasi PATH untuk instalasi OgreSDK. Buat Environment Variables baru seperti gambar dibawah:
  • Klik New pada User variables (jika belum ada), lalu isikan
Variable name: OGRE_HOME
Variable value: C:\OgreSDK


Langkah 6:

Ekstrak file Eclipse yang telah diunduh dan jalankan file eclipse.exe.


Setelah Eclipse dijalankan, pilih workspace yang akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan project yang mau dibuat. Misalnya, saya simpan di D:\OGRE\PROJECT dan klik OK.


Langkah 7:

Buat  project baru di Eclipse, klik File > New > C++ Project. Isikan Project name Anda dan pilih Empty Project (pada Executable) > MinGW GCC dan klik Finish.


Langkah 8:

Jika sudah membuat project, maka pada Eclipse akan muncul nama project yang telah kita buat.


Setelah itu, klik kanan project yang telah dibuat pilih Properties.


Pada panel kiri, pilih C/C++ Build > Settings > klik Manage Configurations. Lalu, klik Release > tekan Set Active > klik OK.


Langkah 9:


Pada Tool Settings, masuk ke bagian GCC C++ Compiler. Selanjutnya, tambahkan seperti yang ada pada tabel berikut ini untuk Configuration: > Debug dan Release. Pastikan Release dalam keadaan Active.

Silakan download file PDF untuk melihat konfigurasi dan source code, DI SINI.

Langkah 10:


Masih pada Tool Settings, masuk ke bagian MinGW C++ Linker. Selanjutnya, tambahkan seperti yang ada pada tabel berikut ini untuk Configuration: > Debug dan Release.

Silakan download file PDF untuk melihat konfigurasi dan source code, DI SINI.

Langkah 11:

Buat Source Folder pada project yang telah kita buat dengan cara klik kanan Project > New > pilih Source Folder. Masukan Folder name (misalnya: src) dan klik Finish.


Jika Source Folder sudah terbuat, tahap berikutnya kita buat Source File dengan cara klik kanan pada Source Folder yang telah dibuat > New > Source File. Isikan Source file dengan nama BelajarOgre.cpp dan klik Finish.


Langkah 12:

Pada BelajarOgre.cpp, masukkan source code berikut untuk mencobanya:

Silakan download file PDF untuk melihat konfigurasi dan source code, DI SINI.

Langkah 13:

Build project tersebut (gambar palu) dan masuk ke direkori C:/OgreSDK/bin/release, lalu buka file resource.cfg menggunakan text editor yang isinya seperti berikut:

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=../../Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=../../Media
FileSystem=../../Media/fonts
FileSystem=../../Media/materials/programs
FileSystem=../../Media/materials/scripts
FileSystem=../../Media/materials/textures
FileSystem=../../Media/models
FileSystem=../../Media/overlays
FileSystem=../../Media/particle
FileSystem=../../Media/gui
FileSystem=../../Media/DeferredShadingMedia
FileSystem=../../Media/PCZAppMedia
Zip=../../Media/packs/cubemap.zip
Zip=../../Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=../../Media/packs/dragon.zip
Zip=../../Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=../../Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=../../Media/packs/skybox.zip

Ganti “../../” dengan path atau lokasi OgreSDK yang sudah Anda install, menjadi:

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=C:/OgreSDK/Media
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/fonts
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/programs
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/scripts
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/textures
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/models
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/overlays
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/particle
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/gui
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/DeferredShadingMedia
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/PCZAppMedia
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemap.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/dragon.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/skybox.zip

Langkah 14:

Simpan file resource.cfg, lalu salin semua isi direktori C:\OgreSDK\bin\release ke workspace project Anda. Tepatnya pada direkori nama_workspace\nama_project\Release. Misalnya, D:\OGRE\PROJECT OGRE\Robot\Release.


Langkah 15:

Pada direktori nama_workspace\nama_project\Release tersebut, jalankan file Robot.exe (sesuai dengan yang Anda buat sebelumnya) maka akan muncul seperti ini:



Terakhir, konfigurasi output yang ditampilkan. Tekan OK dan akan muncul gambar seperti berikut ini jika semua langkah-langkah sebelumnya sudah benar:


Selesai tutorial untuk instalasi Ogre, semoga dapat membantu Anda.

Saturday, May 18, 2013

Ouya, Konsol Game Berbasis Android


Perilisan Konsol Game berbasis Android "Ouya" untuk versi Retail-nya kembali tertunda, yang sebelumnya direncanakan rilis 4 Juni menjadi 25 Juni 2013 alias diundur 3 minggu dari tanggal yang ditetapkan. Alasan kembali diundurnya Ouya dikarenakan permintaan retail yang tinggi.

Kabar ini muncul langsung dari CEO Ouya sendiri Julie Uhrman. "Angka permintaan yang kami lihat dari gamers dan para retailer saat ini melampaui perkiraan dan harapan kami sebelumnya,Jadi,untuk memenuhi semua kebutuhan ini, kami terpaksa menunda tanggal peluncuran sekitar tiga minggu agar dapat memberikan kami waktu lebih untuk bisa membuat lebih banyak konsol Ouya." jelasnya.

Ouya nantinya bisa dibeli di Amazon, Best Buy, GAME, Gamestop, Target, dan Ouya.tv dengan harga $99,99 dan dengan controller tambahan yang harganya $49,99.

Jadi, kita dapat memainkan semua game untuk Android pada Ouya dan tidak perlu lagi khawatir dengan borosnya baterai smartphone jika digunakan untuk bermain game.

Sumber: GameStation

Nvidia Tegra 5 Bakal Mengalahkan Konsol Game PlaySyation 3 dan Xbox 360


Nvidia Tegra 5 dikabarkan akan bisa mengalahkan kecepatan konsol Playstation 3 dalam hal menjalankan game. Hal ini bakalan terwujud di tahun 2015, ketika nantinya chip buatan Nvidia ini bakal dirilis.

Belum lama meluncurkan chip mobile Tegra 4, Nvidia sudah mengumumkan dua penerusnya pada konferensi developer di San Jose, Amerika serikat. Dua otak untuk ponsel dan tablet ini memiliki kode bernama "Logan" dan "Parker".

CEO Nvidia Jen-Hsun Huang menjanjikan bahwa chip 64-bit "Parker" yang diperkuat core GPU Maxwell bisa menghasilkan performa 100 kali lebih tinggi dibanding chip generasi pertama, Tegra 2.

Wakil presiden senior divisi konten Nvidia Tony Tamasi sampai mengatakan bahwa performa chip mobile "Tegra 5" buatan perusahaan itu bakal mengalahkan konsol game PlaySyation 3 dan Xbox 360.

Pemroses grafis PS3 dan Xbox 360 memiliki kemampuan komputasi 200 GFLOPS (Giga FLOPS, Floating-point Operations Per Second) sementara Tegra 4, chip mobile terkini buatan Nvidia, memiliki kinerja teoritis sebesar 80 GFLOPS).

PlayStation 3 sendiri menggunakan pemroses grafis buatan Nvidia bernama "RSX Reality Synthesizer". Konsol ini pertama dirilis pada 2006 dan sedang menunggu digantikan oleh penerusnya, PlayStation 4.

Sekilas Nvidia Tegra 4
Nvidia memperkenalkan Tegra 4 pada gelaran CES 2013, Januari lalu. Pada bulan berikutnya, perusahaan ini memperkenalkan Tegra 4i yang dilengkapi chip LTE terintegrasi.

Sejauh ini belum banyak smartphone yang menggunakan chip Tegra bikinan perusahaan tersebut. Sebagian besar dialokasikan untuk perangkat tablet seperti Google Nexus 7 dan Microsoft Surface.

Nvidia yang dikenal sebagai produsen chip GPU untuk komputer dan konsol game mengandalkan Tegra untuk memperoleh pangsa di industri mobile dan mengatasi kelesuan di pasar PC.

Sumber: LigaGame

Square Enix Smileworks, Studio Game Square Enix di Indonesia


Melalui acara Game Network Jakarta 2013, Square Enix mengumumkan secara resmi akan membuka Studio Game di Indonesia yang bernama Square Enix Smileworks bulan ini di Kota Surabaya.

"Square Enix percaya bahwa orang Indonesia memiliki kemampuan untuk membuat game. Kemampuan mereka tidak kalah hebat apabila dibandingkan dengan negara lainnya." kata CEO Hiroaki Kanamaru.

Hiroaki juga menulis pesan melalui website resminya:

Mempersembahkan senyum untuk seluruh dunia melalui layanan hiburan terbaik yang berlandaskan pada asas harmoni Indonesia-Jepang, itulah filosofi perusahaan kami.

Saat ini Indonesia adalah negara yang sedang berkembang. Di lain sisi, Jepang merupakan negara yang memiliki kemampuan ekonomi, seni, dan perencanaan tingkat dunia.

Saya berharap untuk bisa menciptakan langkah awal ke depan dengan mempersatukan kedua negara yang telah memiliki hubungan sejak lama ini.

Di atas itu semua, perusahaan kami berpusat pada pengembangan game. Seluruh staff kami akan berusaha sebaik mungkin setiap hari untuk menciptakan game agar mampu membawa senyum untuk seluruh dunia.

Selain itu, hingga saat ini pemasok game terbesar adalah Amerika dan Eropa. Namun demikian, saya percaya bahwa mulai saat ini kekuatan baru Indonesia mampu menunjukkan pada dunia sebagai pengembang game yang memberikan kesenangan.

Untuk itu, saya berpikir untuk menjadikan Indonesia sebagai akar dari perusahaan kami dan bersama orang-orang Indonesia kami akan mewujudkannya.

Square Enix Smileworks merupakan studio yang berfokus pada game platform PC dan mobile
Semoga dengan hadirnya Square Enix diIndonesia bisa berdampak positif bagi pengembang game di Indonesia.

Official Website: http://www.square-enix-smileworks.com/id
Facebook: http://www.facebook.com/SQEXSMILEWORKS

Sumber: Majalah GameStation

Friday, May 17, 2013

Google Memperkenalkan Layanan Game pada Google Play di Google I/O 2013


Beberapa waktu lalu saya berpartisipasi dalam acara Google I/O 2013 Extended Jakarta yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma. Saat menyaksikan siaran langsung Konferensi Google I/O dari San Fransisco, Google banyak sekali memperkenalkan teknologi terbarunya seperti Google Glass, Google Wallet, dan yang tidak kalah penting yaitu Google Play game services.

Layanan game pada Google Play adalah sebuah Game Center cross-platform antara Android, iOS, dan Web yang lengkap dengan achievements, social and public leaderboards, cloud saves, dan real-time multiplayer. Beberapa game Android yang populer telah menggunakan layanan game baru ini, seperti World of Goo, Super Stickman Golf 2, Beach Buggy Blitz, Kingdom Rush, Eternity Warriors 2, dan Osmos.

Layanan game pada Google Play sudah bisa dinikmati sekarang dan yang paling penting ini hanyalah awal dari layanan baru Google. Untuk melihat perkembangannya, silakan kunjungi situs pengembangnya di sini: https://developers.google.com/games. Dengan adanya layanan ini, memungkinkan kita untuk bermain bersama dengan teman-teman.

Info lebih lanjut: Google Developers Blog

3D Game Engine dan 3D Graphics Engine yang Sedang Populer

Jika Anda ingin mengembangkan keahlian Anda lebih jauh ke dalam pengembangan game dan desain game, Anda akan perlu mulai mengenal dunia game engine. Game engine akan menyediakan Anda framework yang desainer game gunakan untuk membuat game.

Memang tidak semua game engine yang tersedia dapat diunduh dan dicoba tanpa perlu membayar lisensinya. Namun, masih banyak game engine gratis, open source dan versi non-komersial yang bisa Anda gunakan dan unduh sekarang.

Pada artikel ini saya akan memberikan Anda pilihan dan link ke beberapa game engine, fiturnya dan halaman untuk mengunduhnya. Sehingga Anda dapat memilih game engine yang tepat untuk Anda.

Jadi, bagi Anda yang tertarik mengetahui lebih jauh tentang pengembangan game dan mengeksplorasi teknologi baru untuk menciptakan game Anda sendiri atau hanya ingin mengetahui teknologi game engine, berikut ini adalah 15 game engine yang sedang populer:

Unreal Engine 3
Fitur: Fitur Unreal Engine
Download: Unduh UDK

CryEngine 3
Fitur: Fitur CryEngine 3
Download: Unduh CryEngine 3 SDK

Source Engine
Fitur: Fitur Source Engine
Download: Gunakan Steam untuk mengunduh SourceSDK dan level editor untuk setiap game Valve. Lihat tutorial ini.

Unity3D
Fitur: Fitur Unity3D
Download: Unduh Unity3D

Torque3D
Fitur: Fitur Torque3D
Download: Instruksi untuk mengunduh Torque3D.

Blender
Fitur: Fitur Blender
Download: Unduh Blender

Neoaxis
Fitur: Fitur Neoaxis
Download: Unduh Neoaxis

C4 Engine
Fitur: Fitur C4 Engine
Download: Unduh demo-nya termasuk semua fitur yang ada dalam versi lengkapnya.

ShiVa3D
Fitur: Fitur ShiVa3D
Download: Unduh ShiVa3D

Panda3D
Fitur: Fitur Panda3D
Download: Unduh Panda3D

Esenthel Engine
Fitur: Fitur Esenthel
Download: Unduh Esenthel

iDTech 4
Fitur: Fitur iDTech4
Download: Unduh iDTech 4

Leadwerks
Fitur: Fitur Leadwerks
Download: Unduh Leadwerks

Ogre3D
Fitur: Fitur Ogre3D
Download: Unduh Ogre3D

Irrlicht Engine
Fitur: Fitur Irrlicht
Download: Unduh Irrlicht

Semua itu adalah game engine dan 3D rendering engine yang saat ini sedang populer. Selamat mencoba!

Referensi: World of Level Design

Cara Mudah Membuat Game PC dan Mobile Tanpa (Koding) Bahasa Pemrograman

Pesatnya perkembangan teknologi salah satunya video game membuat sebagian pengembang video game mengembangkan program sendiri untuk membuat game tanpa perlu bahasa pemrograman yang rumit. Hal ini memudahkan orang kurang memahami tentang bahasa pemrograman untuk menciptakan game dengan mudah.

Dulunya, para pengembang video game hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan super besar di dunia, karena peralatan yang mahal, keterbatasan perangkat HCI (Human-Computer Interaction), dan penyusunan pemrograman yang rumit.

Seiring dengan pesatnya perkembangan bahasa pemrograman, dari mulai bahasa dasar yang kita sebut dengan bahasa mesin/bahasa assembly (sebuah bahasa dengan konversi minimalis dari bit-bit digital) sampai bahasa yang sangat humanoid/user friendly dan mudah untuk ditulis serta diperintahkan dengan bahasanya sendiri sesuai dengan apa yang diinginkan.

Saat ini sudah banyak software maupun tools yang cukup dengan merangkai blok-blok alur project diikuti dengan penambahan interaksinya, sudah mampu menghasilkan rentetan bahasa pemrograman secara otomatis yang akhirnya menjadi bahasa interaksi dengan mesin komputer. Seperti merangkai pemodelan UML atau hanya berupa susunan rangkaian puzzle yang membentuk logika saja.

Berikut ini adalah tiga game engine yang terkenal dan bisa Anda gunakan dalam membuat game Anda sendiri tanpa perlu repot mengetikkan bahasa pemrograman. Dan yang tak kalah pentingnya, semua game engine ini free alias gratis untuk digunakan.

1. Game Maker
Seperti pembuat game pada poin satu, game ini juga mampu dijalankan pada sistem operasi Windows atau Mac (OSX) dan cara menggunakannya pun cukup dengan di-drag & drop. Namun kelebihan dari game ini bisa dibuat dalam bentuk 2D maupun 3D.

Awalnya game maker ini dikembangkan oleh Mark Overmars dengan menggunakan pemrograman Delphi dan saat ini platform tersebut dikembangkan serta dipopulerkan oleh perusahaan software YoYo Games.

Selain sajian fitur yang mudah dengan metode drag & drop, game ini juga mampu dikembangkan lebih lanjut ke dalam game professional jika diinginkan.

Bahasa pemrograman game maker yang dibuat sendiri oleh YoYo Games yang bernama bahasa GML (Game Maker Language) akan memberikan keleluasaan buat para developer game profesional untuk mengembangkan game ciptaannya tanpa batas.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan game ini, silakan unduh software-nya di sini http://www.yoyogames.com/gamemaker/studio/free. Tutorial resminya bisa dilihat di sini http://wiki.yoyogames.com/index.php/GameMaker:Studio_Tutorials.

2. Stencyl
Platform pembuat game ini sangat fleksibel. Selain bisa diinstal di berbagai OS, game ini bisa dijalankan pada multi-platform, seperti iOS, Android, ataupun lainnya.

Fasilitas ekspor ke dalam file *.swf sehingga mampu dijalankan di atas browser web, baik melalui Adobe Flash player ataupun HTML 5 menjadikan hasil kreasi game kita akan dengan mudah dipublikasikan, dimainkan dan mungkin juga dipasarkan.

Jika tertarik untuk memulainya, Anda dapat belajar tutorial gratis tahap demi tahap dari yang paling dasar sampai yang advance di situs resmi Stencyl yang dinamakan Stencylpedia, tepatnya di sini http://www.stencyl.com/help. Software-nya dapat Anda unduh di sini http://stencyl.com.

3. Game Salad
Game engine ini awalnya dikembangkan hanya untuk membuat game untuk Mac (OSX), baik iPhone, iPad dan sejenisnya. Namun sekarang game ini juga bisa dijalankan di Windows untuk para pengembang game Android.

Game Salad menyediakan template dasar yang bisa kita kembangkan, namun bisa juga jika kita ingin buat dan merangkai sendiri dari scratch, model ini juga bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Jika Anda banyak bekerja sebagai penjual template ataupun aset game lainnya, platform ini mungkin akan lebih cocok digunakan. Pasar resmi Apple yang bernama App Store bisa menjadi media pemasaran hasil kreasi template dan game yang Anda buat. Pasar ini sudah menjadi pasar aplikasi online terbesar di dunia.

Sama dengan beberapa bahasan sebelumnya, platform ini dapat dikatakan tidak diperlukan kemampuan pemrograman dalam membuat game. Semuanya cukup di-drag & drop, dan hanya butuh pengaturan properti yang isinya berupa istilah yang sangat umum.

Serangkaian imajinasi mungkin sudah dianggap cukup untuk mengembangkan game pada platform ini. Software game engine ini bisa  Anda dapatkan secara gratis di website resminya http://gamesalad.com dan tutorial dasarnya dapat dilihat di sini http://cookbook.gamesalad.com/tutorials.

Ternyata membuat game tidak selalu sulit seperti yang kita banyangkan. Banyaknya game engine memudahkan kita untuk mengembangkan kreatifitas kita dalam membuat game tanpa batas. Selamat berkreasi!

Referensi: Detikinet