Wednesday, July 3, 2013

Instalasi Ogre Pada Windows 7

Program yang dibutuhkan:

Langkah 1:


Install MinGW C++ Toolbox. Setelah itu lakukan pengaturan pada Environment Variables:


Klik Start > Klik kanan pada Computer > Properties > Pilih Advanced System Setting pada panel kiri > Environment Variables >
  • Klik New pada User variables, lalu isikan
Variable name: PATH
Variable value: C:\mingw\bin;
  • Atau, klik Edit pada System variables, lalu tambahkan
Variable value: C:\mingw\bin;

Langkah 2:

Untuk mengecek PATH yang sudah dikonfigurasi pada langkah 1, bukalah Command Prompt (CMD) lalu ketik gcc –v, jika PATH sudah terkonfigurasi dengan benar maka hasilnya seperti di bawah ini:


Langkah 3:


Install MSYS, agar dapat menjalankan perintah-perintah LINUX kedalam Command Prompt (CMD) Windows. Jalankan setup file MSYS-1.0.10.exe dan lakukan konfigurasi PATH untuk instalasi MSYS. Tambahkan C:\msys\1.0\bin; di Environment Variables pada PATH yang sudah ada dengan cara klik Edit seperti berikut:


Langkah 4:

Untuk mengecek MSYS yang sudah dikonfigurasi pada langkah 3, bukalah Command Prompt (CMD) lalu ketik uname –a, jika MSYS sudah terkonfigurasi dengan benar maka hasilnya seperti di bawah ini:


Langkah 5:


Install OgreSDK, pada tutorial ini OGRE yang dipakai adalah OgreSDK versi 1.6.1. Jalankan setup file OgreSDKSetup1.6.1_CBMingW.exe dan lakukan konfigurasi PATH untuk instalasi OgreSDK. Buat Environment Variables baru seperti gambar dibawah:
  • Klik New pada User variables (jika belum ada), lalu isikan
Variable name: OGRE_HOME
Variable value: C:\OgreSDK


Langkah 6:

Ekstrak file Eclipse yang telah diunduh dan jalankan file eclipse.exe.


Setelah Eclipse dijalankan, pilih workspace yang akan digunakan sebagai tempat untuk menyimpan project yang mau dibuat. Misalnya, saya simpan di D:\OGRE\PROJECT dan klik OK.


Langkah 7:

Buat  project baru di Eclipse, klik File > New > C++ Project. Isikan Project name Anda dan pilih Empty Project (pada Executable) > MinGW GCC dan klik Finish.


Langkah 8:

Jika sudah membuat project, maka pada Eclipse akan muncul nama project yang telah kita buat.


Setelah itu, klik kanan project yang telah dibuat pilih Properties.


Pada panel kiri, pilih C/C++ Build > Settings > klik Manage Configurations. Lalu, klik Release > tekan Set Active > klik OK.


Langkah 9:


Pada Tool Settings, masuk ke bagian GCC C++ Compiler. Selanjutnya, tambahkan seperti yang ada pada tabel berikut ini untuk Configuration: > Debug dan Release. Pastikan Release dalam keadaan Active.

Silakan download file PDF untuk melihat konfigurasi dan source code, DI SINI.

Langkah 10:


Masih pada Tool Settings, masuk ke bagian MinGW C++ Linker. Selanjutnya, tambahkan seperti yang ada pada tabel berikut ini untuk Configuration: > Debug dan Release.

Silakan download file PDF untuk melihat konfigurasi dan source code, DI SINI.

Langkah 11:

Buat Source Folder pada project yang telah kita buat dengan cara klik kanan Project > New > pilih Source Folder. Masukan Folder name (misalnya: src) dan klik Finish.


Jika Source Folder sudah terbuat, tahap berikutnya kita buat Source File dengan cara klik kanan pada Source Folder yang telah dibuat > New > Source File. Isikan Source file dengan nama BelajarOgre.cpp dan klik Finish.


Langkah 12:

Pada BelajarOgre.cpp, masukkan source code berikut untuk mencobanya:

Silakan download file PDF untuk melihat konfigurasi dan source code, DI SINI.

Langkah 13:

Build project tersebut (gambar palu) dan masuk ke direkori C:/OgreSDK/bin/release, lalu buka file resource.cfg menggunakan text editor yang isinya seperti berikut:

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=../../Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=../../Media
FileSystem=../../Media/fonts
FileSystem=../../Media/materials/programs
FileSystem=../../Media/materials/scripts
FileSystem=../../Media/materials/textures
FileSystem=../../Media/models
FileSystem=../../Media/overlays
FileSystem=../../Media/particle
FileSystem=../../Media/gui
FileSystem=../../Media/DeferredShadingMedia
FileSystem=../../Media/PCZAppMedia
Zip=../../Media/packs/cubemap.zip
Zip=../../Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=../../Media/packs/dragon.zip
Zip=../../Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=../../Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=../../Media/packs/skybox.zip

Ganti “../../” dengan path atau lokasi OgreSDK yang sudah Anda install, menjadi:

# Resource locations to be added to the 'boostrap' path
# This also contains the minimum you need to use the Ogre example framework
[Bootstrap]
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/OgreCore.zip

# Resource locations to be added to the default path
[General]
FileSystem=C:/OgreSDK/Media
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/fonts
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/programs
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/scripts
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/materials/textures
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/models
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/overlays
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/particle
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/gui
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/DeferredShadingMedia
FileSystem=C:/OgreSDK/Media/PCZAppMedia
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemap.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/cubemapsJS.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/dragon.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/fresneldemo.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/ogretestmap.zip
Zip=C:/OgreSDK/Media/packs/skybox.zip

Langkah 14:

Simpan file resource.cfg, lalu salin semua isi direktori C:\OgreSDK\bin\release ke workspace project Anda. Tepatnya pada direkori nama_workspace\nama_project\Release. Misalnya, D:\OGRE\PROJECT OGRE\Robot\Release.


Langkah 15:

Pada direktori nama_workspace\nama_project\Release tersebut, jalankan file Robot.exe (sesuai dengan yang Anda buat sebelumnya) maka akan muncul seperti ini:



Terakhir, konfigurasi output yang ditampilkan. Tekan OK dan akan muncul gambar seperti berikut ini jika semua langkah-langkah sebelumnya sudah benar:


Selesai tutorial untuk instalasi Ogre, semoga dapat membantu Anda.

Saturday, May 18, 2013

Ouya, Konsol Game Berbasis Android


Perilisan Konsol Game berbasis Android "Ouya" untuk versi Retail-nya kembali tertunda, yang sebelumnya direncanakan rilis 4 Juni menjadi 25 Juni 2013 alias diundur 3 minggu dari tanggal yang ditetapkan. Alasan kembali diundurnya Ouya dikarenakan permintaan retail yang tinggi.

Kabar ini muncul langsung dari CEO Ouya sendiri Julie Uhrman. "Angka permintaan yang kami lihat dari gamers dan para retailer saat ini melampaui perkiraan dan harapan kami sebelumnya,Jadi,untuk memenuhi semua kebutuhan ini, kami terpaksa menunda tanggal peluncuran sekitar tiga minggu agar dapat memberikan kami waktu lebih untuk bisa membuat lebih banyak konsol Ouya." jelasnya.

Ouya nantinya bisa dibeli di Amazon, Best Buy, GAME, Gamestop, Target, dan Ouya.tv dengan harga $99,99 dan dengan controller tambahan yang harganya $49,99.

Jadi, kita dapat memainkan semua game untuk Android pada Ouya dan tidak perlu lagi khawatir dengan borosnya baterai smartphone jika digunakan untuk bermain game.

Sumber: GameStation

Nvidia Tegra 5 Bakal Mengalahkan Konsol Game PlaySyation 3 dan Xbox 360


Nvidia Tegra 5 dikabarkan akan bisa mengalahkan kecepatan konsol Playstation 3 dalam hal menjalankan game. Hal ini bakalan terwujud di tahun 2015, ketika nantinya chip buatan Nvidia ini bakal dirilis.

Belum lama meluncurkan chip mobile Tegra 4, Nvidia sudah mengumumkan dua penerusnya pada konferensi developer di San Jose, Amerika serikat. Dua otak untuk ponsel dan tablet ini memiliki kode bernama "Logan" dan "Parker".

CEO Nvidia Jen-Hsun Huang menjanjikan bahwa chip 64-bit "Parker" yang diperkuat core GPU Maxwell bisa menghasilkan performa 100 kali lebih tinggi dibanding chip generasi pertama, Tegra 2.

Wakil presiden senior divisi konten Nvidia Tony Tamasi sampai mengatakan bahwa performa chip mobile "Tegra 5" buatan perusahaan itu bakal mengalahkan konsol game PlaySyation 3 dan Xbox 360.

Pemroses grafis PS3 dan Xbox 360 memiliki kemampuan komputasi 200 GFLOPS (Giga FLOPS, Floating-point Operations Per Second) sementara Tegra 4, chip mobile terkini buatan Nvidia, memiliki kinerja teoritis sebesar 80 GFLOPS).

PlayStation 3 sendiri menggunakan pemroses grafis buatan Nvidia bernama "RSX Reality Synthesizer". Konsol ini pertama dirilis pada 2006 dan sedang menunggu digantikan oleh penerusnya, PlayStation 4.

Sekilas Nvidia Tegra 4
Nvidia memperkenalkan Tegra 4 pada gelaran CES 2013, Januari lalu. Pada bulan berikutnya, perusahaan ini memperkenalkan Tegra 4i yang dilengkapi chip LTE terintegrasi.

Sejauh ini belum banyak smartphone yang menggunakan chip Tegra bikinan perusahaan tersebut. Sebagian besar dialokasikan untuk perangkat tablet seperti Google Nexus 7 dan Microsoft Surface.

Nvidia yang dikenal sebagai produsen chip GPU untuk komputer dan konsol game mengandalkan Tegra untuk memperoleh pangsa di industri mobile dan mengatasi kelesuan di pasar PC.

Sumber: LigaGame

Square Enix Smileworks, Studio Game Square Enix di Indonesia


Melalui acara Game Network Jakarta 2013, Square Enix mengumumkan secara resmi akan membuka Studio Game di Indonesia yang bernama Square Enix Smileworks bulan ini di Kota Surabaya.

"Square Enix percaya bahwa orang Indonesia memiliki kemampuan untuk membuat game. Kemampuan mereka tidak kalah hebat apabila dibandingkan dengan negara lainnya." kata CEO Hiroaki Kanamaru.

Hiroaki juga menulis pesan melalui website resminya:

Mempersembahkan senyum untuk seluruh dunia melalui layanan hiburan terbaik yang berlandaskan pada asas harmoni Indonesia-Jepang, itulah filosofi perusahaan kami.

Saat ini Indonesia adalah negara yang sedang berkembang. Di lain sisi, Jepang merupakan negara yang memiliki kemampuan ekonomi, seni, dan perencanaan tingkat dunia.

Saya berharap untuk bisa menciptakan langkah awal ke depan dengan mempersatukan kedua negara yang telah memiliki hubungan sejak lama ini.

Di atas itu semua, perusahaan kami berpusat pada pengembangan game. Seluruh staff kami akan berusaha sebaik mungkin setiap hari untuk menciptakan game agar mampu membawa senyum untuk seluruh dunia.

Selain itu, hingga saat ini pemasok game terbesar adalah Amerika dan Eropa. Namun demikian, saya percaya bahwa mulai saat ini kekuatan baru Indonesia mampu menunjukkan pada dunia sebagai pengembang game yang memberikan kesenangan.

Untuk itu, saya berpikir untuk menjadikan Indonesia sebagai akar dari perusahaan kami dan bersama orang-orang Indonesia kami akan mewujudkannya.

Square Enix Smileworks merupakan studio yang berfokus pada game platform PC dan mobile
Semoga dengan hadirnya Square Enix diIndonesia bisa berdampak positif bagi pengembang game di Indonesia.

Official Website: http://www.square-enix-smileworks.com/id
Facebook: http://www.facebook.com/SQEXSMILEWORKS

Sumber: Majalah GameStation

Friday, May 17, 2013

Google Memperkenalkan Layanan Game pada Google Play di Google I/O 2013


Beberapa waktu lalu saya berpartisipasi dalam acara Google I/O 2013 Extended Jakarta yang diselenggarakan di Universitas Gunadarma. Saat menyaksikan siaran langsung Konferensi Google I/O dari San Fransisco, Google banyak sekali memperkenalkan teknologi terbarunya seperti Google Glass, Google Wallet, dan yang tidak kalah penting yaitu Google Play game services.

Layanan game pada Google Play adalah sebuah Game Center cross-platform antara Android, iOS, dan Web yang lengkap dengan achievements, social and public leaderboards, cloud saves, dan real-time multiplayer. Beberapa game Android yang populer telah menggunakan layanan game baru ini, seperti World of Goo, Super Stickman Golf 2, Beach Buggy Blitz, Kingdom Rush, Eternity Warriors 2, dan Osmos.

Layanan game pada Google Play sudah bisa dinikmati sekarang dan yang paling penting ini hanyalah awal dari layanan baru Google. Untuk melihat perkembangannya, silakan kunjungi situs pengembangnya di sini: https://developers.google.com/games. Dengan adanya layanan ini, memungkinkan kita untuk bermain bersama dengan teman-teman.

Info lebih lanjut: Google Developers Blog

3D Game Engine dan 3D Graphics Engine yang Sedang Populer

Jika Anda ingin mengembangkan keahlian Anda lebih jauh ke dalam pengembangan game dan desain game, Anda akan perlu mulai mengenal dunia game engine. Game engine akan menyediakan Anda framework yang desainer game gunakan untuk membuat game.

Memang tidak semua game engine yang tersedia dapat diunduh dan dicoba tanpa perlu membayar lisensinya. Namun, masih banyak game engine gratis, open source dan versi non-komersial yang bisa Anda gunakan dan unduh sekarang.

Pada artikel ini saya akan memberikan Anda pilihan dan link ke beberapa game engine, fiturnya dan halaman untuk mengunduhnya. Sehingga Anda dapat memilih game engine yang tepat untuk Anda.

Jadi, bagi Anda yang tertarik mengetahui lebih jauh tentang pengembangan game dan mengeksplorasi teknologi baru untuk menciptakan game Anda sendiri atau hanya ingin mengetahui teknologi game engine, berikut ini adalah 15 game engine yang sedang populer:

Unreal Engine 3
Fitur: Fitur Unreal Engine
Download: Unduh UDK

CryEngine 3
Fitur: Fitur CryEngine 3
Download: Unduh CryEngine 3 SDK

Source Engine
Fitur: Fitur Source Engine
Download: Gunakan Steam untuk mengunduh SourceSDK dan level editor untuk setiap game Valve. Lihat tutorial ini.

Unity3D
Fitur: Fitur Unity3D
Download: Unduh Unity3D

Torque3D
Fitur: Fitur Torque3D
Download: Instruksi untuk mengunduh Torque3D.

Blender
Fitur: Fitur Blender
Download: Unduh Blender

Neoaxis
Fitur: Fitur Neoaxis
Download: Unduh Neoaxis

C4 Engine
Fitur: Fitur C4 Engine
Download: Unduh demo-nya termasuk semua fitur yang ada dalam versi lengkapnya.

ShiVa3D
Fitur: Fitur ShiVa3D
Download: Unduh ShiVa3D

Panda3D
Fitur: Fitur Panda3D
Download: Unduh Panda3D

Esenthel Engine
Fitur: Fitur Esenthel
Download: Unduh Esenthel

iDTech 4
Fitur: Fitur iDTech4
Download: Unduh iDTech 4

Leadwerks
Fitur: Fitur Leadwerks
Download: Unduh Leadwerks

Ogre3D
Fitur: Fitur Ogre3D
Download: Unduh Ogre3D

Irrlicht Engine
Fitur: Fitur Irrlicht
Download: Unduh Irrlicht

Semua itu adalah game engine dan 3D rendering engine yang saat ini sedang populer. Selamat mencoba!

Referensi: World of Level Design

Cara Mudah Membuat Game PC dan Mobile Tanpa (Koding) Bahasa Pemrograman

Pesatnya perkembangan teknologi salah satunya video game membuat sebagian pengembang video game mengembangkan program sendiri untuk membuat game tanpa perlu bahasa pemrograman yang rumit. Hal ini memudahkan orang kurang memahami tentang bahasa pemrograman untuk menciptakan game dengan mudah.

Dulunya, para pengembang video game hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan super besar di dunia, karena peralatan yang mahal, keterbatasan perangkat HCI (Human-Computer Interaction), dan penyusunan pemrograman yang rumit.

Seiring dengan pesatnya perkembangan bahasa pemrograman, dari mulai bahasa dasar yang kita sebut dengan bahasa mesin/bahasa assembly (sebuah bahasa dengan konversi minimalis dari bit-bit digital) sampai bahasa yang sangat humanoid/user friendly dan mudah untuk ditulis serta diperintahkan dengan bahasanya sendiri sesuai dengan apa yang diinginkan.

Saat ini sudah banyak software maupun tools yang cukup dengan merangkai blok-blok alur project diikuti dengan penambahan interaksinya, sudah mampu menghasilkan rentetan bahasa pemrograman secara otomatis yang akhirnya menjadi bahasa interaksi dengan mesin komputer. Seperti merangkai pemodelan UML atau hanya berupa susunan rangkaian puzzle yang membentuk logika saja.

Berikut ini adalah tiga game engine yang terkenal dan bisa Anda gunakan dalam membuat game Anda sendiri tanpa perlu repot mengetikkan bahasa pemrograman. Dan yang tak kalah pentingnya, semua game engine ini free alias gratis untuk digunakan.

1. Game Maker
Seperti pembuat game pada poin satu, game ini juga mampu dijalankan pada sistem operasi Windows atau Mac (OSX) dan cara menggunakannya pun cukup dengan di-drag & drop. Namun kelebihan dari game ini bisa dibuat dalam bentuk 2D maupun 3D.

Awalnya game maker ini dikembangkan oleh Mark Overmars dengan menggunakan pemrograman Delphi dan saat ini platform tersebut dikembangkan serta dipopulerkan oleh perusahaan software YoYo Games.

Selain sajian fitur yang mudah dengan metode drag & drop, game ini juga mampu dikembangkan lebih lanjut ke dalam game professional jika diinginkan.

Bahasa pemrograman game maker yang dibuat sendiri oleh YoYo Games yang bernama bahasa GML (Game Maker Language) akan memberikan keleluasaan buat para developer game profesional untuk mengembangkan game ciptaannya tanpa batas.

Jika Anda tertarik untuk mengembangkan game ini, silakan unduh software-nya di sini http://www.yoyogames.com/gamemaker/studio/free. Tutorial resminya bisa dilihat di sini http://wiki.yoyogames.com/index.php/GameMaker:Studio_Tutorials.

2. Stencyl
Platform pembuat game ini sangat fleksibel. Selain bisa diinstal di berbagai OS, game ini bisa dijalankan pada multi-platform, seperti iOS, Android, ataupun lainnya.

Fasilitas ekspor ke dalam file *.swf sehingga mampu dijalankan di atas browser web, baik melalui Adobe Flash player ataupun HTML 5 menjadikan hasil kreasi game kita akan dengan mudah dipublikasikan, dimainkan dan mungkin juga dipasarkan.

Jika tertarik untuk memulainya, Anda dapat belajar tutorial gratis tahap demi tahap dari yang paling dasar sampai yang advance di situs resmi Stencyl yang dinamakan Stencylpedia, tepatnya di sini http://www.stencyl.com/help. Software-nya dapat Anda unduh di sini http://stencyl.com.

3. Game Salad
Game engine ini awalnya dikembangkan hanya untuk membuat game untuk Mac (OSX), baik iPhone, iPad dan sejenisnya. Namun sekarang game ini juga bisa dijalankan di Windows untuk para pengembang game Android.

Game Salad menyediakan template dasar yang bisa kita kembangkan, namun bisa juga jika kita ingin buat dan merangkai sendiri dari scratch, model ini juga bisa dilakukan dengan cukup mudah.

Jika Anda banyak bekerja sebagai penjual template ataupun aset game lainnya, platform ini mungkin akan lebih cocok digunakan. Pasar resmi Apple yang bernama App Store bisa menjadi media pemasaran hasil kreasi template dan game yang Anda buat. Pasar ini sudah menjadi pasar aplikasi online terbesar di dunia.

Sama dengan beberapa bahasan sebelumnya, platform ini dapat dikatakan tidak diperlukan kemampuan pemrograman dalam membuat game. Semuanya cukup di-drag & drop, dan hanya butuh pengaturan properti yang isinya berupa istilah yang sangat umum.

Serangkaian imajinasi mungkin sudah dianggap cukup untuk mengembangkan game pada platform ini. Software game engine ini bisa  Anda dapatkan secara gratis di website resminya http://gamesalad.com dan tutorial dasarnya dapat dilihat di sini http://cookbook.gamesalad.com/tutorials.

Ternyata membuat game tidak selalu sulit seperti yang kita banyangkan. Banyaknya game engine memudahkan kita untuk mengembangkan kreatifitas kita dalam membuat game tanpa batas. Selamat berkreasi!

Referensi: Detikinet

Pemanfaatan NAT, Bridge, VLAN, dan Trunk pada Jaringan Komputer

Pemanfaatan NAT (Network Address Translation):
NAT sebaiknya digunakan jika, kita membutuhkan koneksi ke internet dan host atau komputer yang tidak mempunyai alamat IP global dan saat kita berganti ke ISP baru yang mengharuskan kita menggunakan IP baru dari ISP tersebut.
NAT Statik
Dari gambar di atas dapat kita ketahui ada 3 network yang berbeda (dibedakan berdasarkan kelas IP Address). Untuk menghubungkan ketiga network tersebut agar dapat saling terkoneksi tentu diperlukan penggunaan konsep routing. Supaya “PC 1” dapat terkoneksi dengan “PC 2”, maka “PC 1” harus mengetahui bahwa ada network 10.0.0.0/8 di belakang “Router – NAT”, lalu “Router – NAT” juga harus mengetahui bahwa ada network 192.168.0.0/24 di belakang “Router”. Saat ada pengenalan antar network, barulah “PC 1” dapat terkoneksi dengan “PC 2”. Hal itu berlaku juga untuk arah yang sebaliknya (dari “PC 2” ke “PC 1”). Caranya dengan mengenalkan kepada “Router – NAT” bahwa ada network 192.168.0.0/24 di belakang “Router”. Setelah ada pengenalan routing, “Router – NAT” dapat terkoneksi dengan network 192.168.0.0/24. Lalu setelah itu IP Address “Router – NAT” akan membungkus IP Address “PC 1”, sehingga “PC 1” dapat terkoneksi dengan “PC 2” tanpa ada pengenalan routing yang dilakukan pada “PC 1”.

Pemanfaatan Bridge:
Bridge berjalan pada lapisan kedua pada OSI Layer (lapisan data-link), dan menggunakan skema pengalamatan yang digunakan pada lapisan itu, yakni MAC Address. Bridge, sebaiknya digunakan untuk menghubungkan segmen-segmen jaringan yang menjalankan protokol jaringan yang sama (sebagai contoh: segmen jaringan berbasis IP dengan segmen jaringan IP lainnya). Selain itu, bridge juga dapat digunakan ketika di dalam jaringan terdapat protokol-protokol yang tidak bisa melakukan routing, seperti halnya NetBEUI.
Bridge pada NetBEUI

Bridge memetakan alamat Ethernet dari setiap node atau titik yang ada pada masing-masing segmen jaringan dan hanya memperbolehkan lalulintas data yang diperlukan melintasi bridge. Ketika menerima sebuah paket, bridge menentukan segmen tujuan dan sumber. Jika segmennya sama, paket akan ditolak, dan jika segmennya berbeda, paket paket diteruskan ke segmen tujuan. Dengan demikian bridge juga mencegah pesan rusak agar tidak menyebar keluar dari satu segmen.

Pemanfaatan VLAN (Virtual Local Area Network):
VLAN memberikan suatu flexibilitas managemen dalam membuat Virtual LAN terpisah menjadi segmen-segmen atau subnet-subnet yang bisa digunakan untuk mendefinisikan lokasi terpisah atau jaringan-jaringan departemental. Penggunaan Virtual LAN dalam suatu jaringan LAN adalah bersifat opsional dan biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan-kebutuhan tertentu yang khusus seperti misalnya karena alasan keamanan atau pemisahan departemen.
VLAN
Kita bisa mengkonfigurasi interface/port dari Switch dengan meng-asosiasikan port tersebut kepada suatu VLAN dengan konfigurasi semacam “interface 0/1 in VLAN1” atau “interface 0/2 in VLAN5” dan seterusnya. Hal semacam ini kita sebut sebagai VLAN berdasarkan port-base, suatu konfigurasi VLAN umum pada suatu Switch yang mudah tanpa perlu mengetahui MAC Address dari piranti. Suatu register yang bagus untuk semua MAC Address yang dikonfigurasikan kedalam berbagai Switches dan asosiasi tiap MAC piranti ke setiap VLAN haruslah rapi dan selalu diupdate jika terjadi perubahan. Jika sebuah piranti berpindah ke port lain dan mengirim sebuah frame, piranti tersebut tetap berada pada VLAN yang sama. Hal ini mengijinkan piranti2 untuk bisa berpindah pindah kemana saja dengan mudah dan tetap pada VLAN yang sama walau pindah ke port lain. VLAN bukanlah harus diterapkan ke setiap jaringan LAN, akan tetapi bisa diterapkan pada jaringan dengan skala yang sangat besar pada jaringan enterprise dimana populasi host sangat besar atau ratusan jumlahnya atau diperlukan suatu kelayakan adanya suatu alasan keamanan. Kalau memang harus digunakan VLAN maka haruslah diusahakan sesederhana mungkin, intuisif, dan dukungan dokumentasi yang sangat rapi.

Pemanfaatan Trunk:
Trunking VLAN dengan ISL and 802.1q. Jika menggunakan VLAN dalam jaringan yang mempunyai beberapa Switch yang saling berhubungan antar VLAN, maka dibutuhkan VLAN Trunk. Switch memerlukan cara untuk mengidentifikasikan VLAN dari mana frame tersebut dikirim saat mengirim sebuah frame ke Switch lainnya. VLAN Trunking mengijinkan Switch memberikan tagging setiap frame yang dikirim antar switches sehingga switch penerima mengetahui termasuk dari VLAN mana frame tersebut dikirim.
Trunking pada VLAN

Ada dua protocol VLAN Trunking utama saat ini, yaitu IEEE 802.1q dan Cisco ISL. Pemilihan protocol VLAN Trunking normalnya berdasarkan piranti platform Hardware yang digunakan. Untuk penerapan VLAN dengan Switch yang berskala besar sebuah protocol manajemen VLAN diperlukan misal VTP (VLAN Trunking Protocol). Protocol VTP memungkinkan VLAN didefinisikan sekali didalam suatu lokasi tunggal dan disinkronkan kepada Switch lainnya didalam administrative domain yang sama. Normalnya VLAN tidaklah dianjurkan untuk jaringan kecil (kurang dari 100 user pada satu lokasi), akan tetapi untuk business dengan skala menengah dan besar, VLAN adalah sangat mendatangkan keuntungan yang besar.

Referensi Materi dan Gambar:
http://www.sysneta.com/virtual-lan
http://smk-kp.blogspot.com/
http://andihasad.wordpress.com/2011/11/04/keuntungan-dan-kerugian-penggunaan-nat/
http://yadicucuklauk.blogspot.com/2012/04/implementasi-static-nat.html
http://nila.blogsome.com/2006/04/01/nat/

Perbandingan Game 2D dan Game 3D

Video game yang sekarang sangat banyak jenisnya. Perbedaan yang utama meliputi game 2D dan 3D. Banyak permainan masa kini berfokus pada grafis 3D yang canggih, agar dapat menampilkan gambar yang lebih realistis. Namun, sebagian besar desainer game masih terus memproduksi game 2D. Pilihan untuk menghasilkan sebuah game 3D atau 2D juga tergantung pada jenis permainan, seperti masih banyaknya permainan platforming yang bertahan dengan gaya permainan 2D dan first-person shooters dengan gaya permainan 3D. Berikut adalah perbandingannya:

PRODUKSI
Dalam hal pembuatan game sangat bervariasi tergantung pada apakah permainan tersebut 3D atau 2D. Game 3D lebih mengandalkan model dan bentuk 3D dirancang pada komputer, sedangkan game 2D bergantung pada animasi yang diintegrasikan ke dalam sebuah layar besar (metode mengintegrasikan bitmap) dan gambar 2D di atas permukaan yang datar. Sebagai contoh, model 3D dapat dibandingkan dengan patung sedangkan metode mengintegrasikan bitmap 2D mirip dengan gambar datar. Karena membutuhkan aset seni yang lebih, pembuatan game 3D membutuhkan waktu yang jauh lebih lama daripada pembuatan game 2D.

VISUALISASI NYATA
Salah satu perbedaan yang paling jelas terlihat antara game 2D dan 3D adalah kualitas visual mereka. Meskipun game 2D seringkali menunjukkan desain artistik yang sangat baik, game 3D lebih baik dalam simulasi realitas. Alhasil, banyak permainan yang berusaha untuk memvisualisasikannya menjadi realistis dengan memilih engine game 3D.

GERAKAN
Gerakan dalam permainan tergantung pada apakah mereka 3D atau 2D. Game 3D memungkinkan pemain untuk bergerak dalam dunia 3D, yang berarti bahwa pemain dapat bergerak lebih dekat dan lebih dalam ke layar. Di sisi lain, game 2D membatasi gerakan pemain pada bidang datar, biasanya kiri dan kanan, tetapi dapat mencakup berbagai arah lainnya juga. Misalnya, Super Mario Bros. meminta pemain untuk menjelajahi dunia 2D, bergerak dari kiri ke kanan sampai tujuannya tercapai.

KONTROL
Karena dimensi sebuah permainan itu menentukan berbagai gerakan pemain, game 2D dan 3D menggunakan cara yang berbeda untuk mengontrol karakter mereka. Game 3D menggunakan joystick untuk mengontrol karakter mereka. Joystick memungkinkan pemain untuk bergerak dalam ruang 3D dan cukup sensitif untuk mengontrol kecepatan sebuah karakter. Di sisi lain, game 2D menggunakan keyboard maupun tombol digital yang memungkinkan pemain untuk menekan tombol atas, bawah, kiri dan kanan.

Referensi: eHow dan Wikipedia

Monday, May 13, 2013

Download Windows 8 Recovery Discs dan Cara Membuatnya

Sebelumnya saya telah menjelaskan tentang Windows 7 Recovery Discs dan Cara Membuatnya. Sekarang, saya akan menjelaskan cara membuat Windows 8 Recovery Discs karena sangat penting bagi pengguna Windows untuk memudahkan pengguna memperbaiki sistem Windows yang rusak secara otomatis. Terkadang sering dijumpai masalah seperti blacK-Screen-of-Death, gagal booting, dan lainnya.

Kalau Windows 7, jika kita membeli PC atau Laptop dari produsen besar seperti Dell, Acer, HP, Toshiba, dan Lenovo biasanya mereka menyertakan Recovery Disc pada paket penjualan PC atau Laptop dengan sistem operasi Windows 7. Berbeda dengan Windows 8 yang tidak disertakan Recovery Disc pada paket penjualannya. Karena banyaknya permintaan dari teman dan penggunjung blog ini, maka saya posting artikel ini.

Kalau tidak mau repot, Anda dapat mengunduhnya langsung disini untuk 32-bit dan 64-bit:
Windows 8 Recovery Discs x86/x64

Cara membuat Windows 8 Recovery Discs:
- Masuk ke Control Panel
- Pilih All Control Panel Items
- Pilih Windows 7 File Recovery
- Klik Create a system repair disc pada panel sebelah kiri
- Masukkan CD ke dalam drive Anda
- Terakhir, klik Create disc

Cara lain:
- Tekan tombol berlogo [Windows] + W untuk mengakses halaman Search Settings pada Start Screen
- Ketik "recovery" pada kotak pencarian
- Pilih "Windows 7 File Recovery" pada hasil pencarian
- Klik Create a system repair disc pada panel sebelah kiri
- Masukkan CD ke dalam drive Anda
- Terakhir, klik Create disc

Cara membuat Windows 8 Recovery dengan USB Flash Drive:
- Tekan tombol berlogo [Windows] + W untuk mengakses halaman Search Settings pada Start Screen
- Ketik "recovery" pada kotak pencarian
- Pilih "Create a recovery drive" pada hasil pencarian
*NB: Jangan lupa untuk mencolok USB Flash Drive yang tidak terpakai (kosong) terlebih dahulu.
- Setelah tampilan Recovery Drive terbuka, klik Next
*NB: Biasanya PC atau Laptop merk ternama menyertakan OEM recovery partition. Pada tampilan Recovery Drive cek box "Copy the recovery partition from the PC to the recovery drive." akan aktif dan tercentang otomatis.
- Pilih USB Flash Drive (min. 256 MB) yang ingin dipakai untuk Recovery Drive, lalu klik Next
- Jika Anda sudah yakin semua isi dari USB Flash Drive untuk dihapus, klik Create
- Tunggu sampai proses selesai, jika sudah selesai klik Finish

Untuk pengguna Linux akan saya tulis dalam waktu dekat. Semoga membantu!

Download Windows 7 Recovery Discs dan Cara Membuatnya

Kebanyakan dari pengguna Windows melupakan hal yang satu ini. Ya, Windows 7 Recovery Discs sangat penting bagi pengguna Windows untuk memudahkan pengguna memperbaiki sistem Windows yang rusak secara otomatis. Terkadang sering dijumpai masalah seperti blacK-Screen-of-Death, gagal booting, dan lainnya.

Karena banyaknya permintaan dari teman dan penggunjung blog ini pada artikel sebelumnya yang berjudul Tampilan Windows Menjadi Hitam (Blank) Hanya Ada Cursor Saja? Ini Solusinya, maka saya posting artikel ini.

Kalau tidak mau repot, Anda dapat mengunduhnya langsung disini untuk 32-bit dan 64-bit:
Windows 7 Recovery Discs x86/x64

Cara membuat Windows 7 Recovery Discs:
- Masuk ke Control Panel
- Pilih System and Security
- Pilih Backup and Restore
- Klik Create a system repair disc pada panel sebelah kiri
- Masukkan CD ke dalam drive Anda
- Terakhir, klik Create disc

Cara lain:
- Klik Start Menu
- Ketik "repair" pada kotak pencarian
- Pilih "Create a System Repair Disc" pada hasil pencarian
- Masukkan CD ke dalam drive Anda
- Terakhir, klik Create disc

Penggunaan:

Pilihan #1: File ISO bisa di-burning ke CD/DVD-R kosong. (Disarankan CD-R karena file ISO-nya berukuran kecil).
- Masukkan CD/DVD-R yang sudah berisi WinPE (Windows Recovery Disc).
- Reboot PC/Laptop.
- Tekan F8 untuk langsung ke Boot Menu dan pilih DVD-ROM.
- Atau masuk ke BIOS (PC: DEL / Delete) dan (Laptop: F2 "sebagian besar merk").
- Setting BIOS agar DVD-ROM Drive booting #1 "pertama".
- Jika sudah simpan dan keluar dari BIOS.

Pilihan #2: File ISO ke USB Flashdisk minimal 512MB.
- Gunakan WinUSB Maker atau Rufus untuk meng-copy dan mengkonfigurasi file *.iso / file dari Windows Recovery Disc ke Flashdisk.
- Reboot PC/Laptop.
- Tekan F8 untuk langsung ke Boot Menu dan pilih USB Flashdisk.
- Atau masuk ke BIOS (PC: DEL/Delete) dan (Laptop: F2 "sebagian besar merk").
- Setting BIOS agar USB Flash Drive booting #1 "pertama".
- Jika sudah simpan dan keluar dari BIOS.

Untuk pengguna Windows 8 bisa dilihat disini > Download Windows 8 Recovery Discs dan Cara Membuatnya. Semoga membantu!

Monday, April 29, 2013

Program Click & Win! Untuk Merayakan 10 Tahun Tabloid PULSA

Merayakan ulang tahunnya yang ke-10, Tabloid PULSA yang menyajikan informasi teknologi seputar Handphone & Gadget di Tanah Air dan Dunia mengadakan program "Click & Win!". Program ini adalah sistem dimana Anda dapat meningkatkan jumlah Points di akun Anda dengan meningkatkan Network dan popularitas Anda sendiri. Dan jika Points Anda yang tertinggi, Anda berhak menerima Hadiah dari kami sebagai wujud Kebahagiaan & Kebersamaan kami dengan Anda.

Cara ikutan program ini?
- Klik > http://fans.tabloidpulsa.co.id/fans/?ref=10647 atau gambar dibawah ini:
Tabloid PULSA
- Klik “Register" (Pojok Kanan Atas)
- Cek inbox email Anda dan klik notifikasi dari kami
- Login (Masukan Username & Password Anda)

Periode Program ini berlangsung dari 26 April 2013 - 26 Mei 2013 (Periode 1).
Note: Periode berikutnya akan kami informasikan melalui email Anda.

Semoga Beruntung :)

Sunday, April 28, 2013

Apa itu CSS?

Cascading Style Sheets (CSS) adalah suatu teknologi yang digunakan untuk memperindah halaman website (situs), dengan CSS kita dapat dengan mudah mengubah keseluruhan warna dan tampilan yang ada di situs kita sekaligus memformat ulang situs kita. CSS ini telah distandarkan oleh World Wide Web Consortium (W3C) untuk digunakan di web browser.

Sumber: OCW Gunadarma